Fakultas Bisnis

Program Studi S-1 Manajemen (S.E)

Kebutuhan terhadap keterampilan  manajerial sebagai salah satu faktor penentu daya saing yang perlu dikembangkan masyarakat dalam menghadapi persaingan global semakin hari semakin nyata. Generasi penerus bangsa yang memiliki keterampilan manajerial prima yang akan meretas menjadi para pemimpin di masa yang akan datang menjadi semakin didambakan masyarakat. “Manajemen” dibutuhkan oleh semua orang, baik individu kelompok, organisasi, mapun masyarakat karena semua orang ingin menjalani hidup yang lebih baik. Di sisi lain, tak kalah pentingnya pula kemampuan masyarakat untuk menjadi pelopor wirausaha di tengah persaingan kelak untuk memperoleh pekerjaan. Dengan menjadi wirausahawan, lapangan kerja baru akan tercipta secara inovatif. Demi menjawab kebutuhan ini, UBD mempersiapkan masa depan bangsa yang lebih cemerlang. Lulusan yang dihasilkan akan menjadi generasi baru yang terampil secara manajerial dan kreatif serta inovatif dalam bewirausaha.

Prospek Karir

Prospek karir terbuka luas, menempati berbagai tingkatan manajemen dalam mengelola perusahaan manufaktur dan jasa, konsultan manajemen dan bisnis, karir akademik di bidang manajemen, serta menjadi para wirausahawab andal di berbagai bidang bisnis.

Job Title

Pemasaran (Marketing)

Account manager – sales, Advertising Director, Media Relation Manager, Livestock Dealer, E-Commerce Manager, Distribution Manager, Correspondence & Public Inquiries Manager, Web Marketing Manager, Fundraising, Champagne, Sales Planning Manager, Business Development Manager, Agency Marketing Departement Manager, Corporate Sales Manager, Product Research & Development Manager;

Sumberdaya Manusia (Human Resource)

Chief of staffing, Director of Pay Service, Manager of Disability Management Program, Human Development Consultant, Chief of Employment Equity, Employee Benefits Director, Labor Relation Manager, Recuiting Manager, Occupational Training Manager, Job Evaluation & Salary Research Manager, Personel Manager, Job Crafting Manager.

Keuangan (Financial)

Financial Planning and Analyst, Corporate isk Director, Independent Public Accountant Chief, Internal Audit Manager, Financial Controller, Budgeting & Reporting Manager, Financial System Manager, Investment Manager.


Program Studi S-1 Akuntansi (S.E)

Salah satu ciri era globalisasi adalah terciptanya perdagangan dan investasi antar negara yang cenderung tidak mengenal batas wilayah negara. Kondisi ini memicu persaingan bisnis yang semakin tajam, baik dalam tataran nasional, regional maupun global. Semakin banyaknya unit usaha yang berkembang di era persaingan global yang tajam ini menciptakan peluang kerja dan usaha yang besar pula bagi para akuntan yang kompeten dan berstandar internasional.

Akuntansi adalah “bahasa bisnis”. Setiap pelaku bisnis bahkan mereka yang terlibat dalam organisasi nirlaba membutuhkan akuntansi untuk memberikan informasi ekonomi dalam membuat keputusan bisnis. Informasi akuntansi yang andal dan berkualitas tidak dapat terlepas dari seorang akuntan yang cakap, berkebajikan, berintregasi tinggi, serta yang mau selalu membaharui pengetahuan akuntansinya sejalan dengan perkembangan praktis akuntansi yang begitu pesat. Selain menyajikan informasi akuntansi, fungsi akuntan lainnya adalah memeriksa kewajaran dan keandalan suatu informasi akuntansi. Saat ini, jenis akuntan di Indonesia meliputi Akuntan Publik, Akuntan Manajemen (akuntan yang berkarir di perusahaan atau organisasi nirlaba), Akuntan Pemerintah, dan Akuntan Pendidik (akuntan yang berkarir di bidang akademis).

Para mahasiswa dipersiapkan untuk menguasai bidang akuntansi keuangan, akuntansi manajemen secara konseptual dan praktikal, perpajakan setara dengan Brevet A dan Brevet B secara konseptual dan praktikal dan pengauditan secara konseptual dan praktikal.

Prospek Karir

Lulusan Prodi S-1 Akuntansi UBD dipersiapkan untuk memiliki jenjang karir di bidang audit keuangan di lembaga maupun organisasi pemerintah maupun swasta, staf pemeriksa di lembaga keuangan, penegakan hukum atau BUMN (Departemen keuangan, BPK, BPKP, KPK, Bank Indonesia), Staf ahli Akuntansi, Auditor Internal di perusahaan nasional maupun internasional, Manajer keuangan yang dapat mengelola perencanaan keuangan jangka pendek/panjang, Konsultan dan penyedia jasa bidang akuntansi keuangan, pengauditan dan perpajakan.

Job Title

Auditor Internal, Auditor Eksternal, Akuntan Manajemen, Spesialis Pajak, Akuntan Sektor Publik, Akuntan Pendidik, Kantor Akuntan Publik, Konsultan Manajemen dan Pajak.


Program Studi S-1 Administrasi Bisnis (S.AB)

Prodi Administrasi Bisnis UBD mempersiapkan mahasiswa menjadi seorang entrepreneur (perintis dan pemilik usaha), adbispreneur / intrapreneur (seorang profesional dengan kemampuan mengelola bisnis sesuai dengan kebijakan perusahaan).

Para mahasiswa dibekali dengan kompentensi dasar administrasi secara umum dan administrasi perusahaan secara khusus. Mereka dipersiapkan menjadi tenaga profesional yang memiliki kemampuan dalam menangani pekerjaan klarikal kantor secara efisien dan efektif, mengelola sarana prasarana kantor, memproses data secara akurat, mengelola informasi untuk menunjang pekerjaan kantor, mengelola organisasi, dan berkomunikasi dengan baik dalam ragam bahasa.

Prospek Karir

Lulusan prodi S-1 Administrasi Bisnis sangat luas prospek kerjanya. Posisi dengan kuota besar banyak dibutuhkan di beberapa perusahaan. Mulai dari pembuatan laporan dan jurnal karyawan, dokumentasi dan pengarsipan file, Entry dan input data, melakukan korespondensi dan menangani komplain, pengelolaan vendor, pengelolaan pembelian barang dan jasa (lokal dan import), pengelolaan RO – PO, dan MO, dan SPK, pembuatan & pelaksaan activity plan, pelaksanaan Countinous improvement, kerjasama dengan bagian lain, implementasi ISO, dll.

Job Title

Konsultan Bisnis, Manajer Administrasi, Sekretaris Eksekutif, Trainer, Staf Administrasi kantor, resepsionis, customer service, corporate communicator, Human (Public Relations) di bidang industri, manufaktur, perdagangan, atau institusi pemerintah.


Program Studi D-3 Akuntansi (A.Md)

Program studi diploma (D-3) merupakan program vokasi yang bertujuan menyiapkan mahasiswa menjadi tenaga ahli madya profesional perpajakan secara praktikal dan bidang akuntansi keuangan yang mampu menyusun Laporan Keuangan Perusahaan sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku umum.

Prospek Karir

Lulusan program ini akan diarahkan untuk menguasai kemampuan dalam bidang kerja yang dapat langsung diserap sebagai tenaga kerja ahli madya di instansi pemerintah maupun swasta, atau berwiraswasta secara mandiri. Oleh karena itu, pengajaran pada program ini lebih mengutamakan ketrampilan (praktik) dibandingkan dengan kuliah teori.

Job Title

Accounting Clerk, Stock Control Supervisor, Account Supervisor, Cost Control, Tax Accounting Coordinator, Budget Officer, Assistant Auditor, Assistant System Analyst, Asisten Akuntan Publik, Asisten Akuntan Manajemen, Audit Internal, dan Asisten Akuntan Pendidik.