Fakultas Sains dan Teknologi

Program Studi S-1 Teknik Informatika (S.Kom)

Perkembangan teknologi informasi menuntut tenaga ahli yang cerdas dan andal di bidangnya. Program Studi S-1 Teknik Informatika UBD mempersiapkan lulusan yang sigap menjawab tantangan global ini. Prodi Teknik Informatika adalah bidang ilmu teknik yang mempelajari tentang ilmu komputer, teknologi perangkat lunak, mobile communication dan aplikasinya sesuai dengan kebutuhan dunia industri. Bidang ilmu yang dipelajari di Teknik Informatika tidak hanya berupa konsep dan teori saja tetapi juga penerapan praktis keilmuan. Lulusan Sarjana S1 Teknik Informatika UBD selain mampu beradaptasi di dunia industri dengan cepat, lulusan tersebut akan dapat terus mengikuti perkembangan keilmuan di bidang ilmu komputer. Lulusan juga dibekali dengan kemampuan pemrograman serta pengembangan perangkat lunak yang diimplementasikan pada komputer, internet dan mobile communication. Para mahasiswa juga akan diarahkan untuk memiliki jiwa, semangat dan budaya technopreneurship yang kuat. Hal ini dicapai dengan mengadopsi sistem pengajaran yang aktif, serta program-program pengembangan soft-skills yang variatif. Lulusan program studi ini dapat menjadi wirausahawan-wirausahawan andal yang telah dibekali ilmu, pengalaman, dan jaringan bisnis yang siap untuk diterapkan di manapun mereka berkiprah.

 

Prospek Karir

Lulusan S-1 Teknik Informatika sudah banyak yang berhasil menjadi wirausahawan, maupun bekerja di berbagai perusahaan di tingkat nasional, multinasional, bahkan skala internasional. Masa tunggu lulusan untuk memperoleh pekerjaan atau menjadi wirausahawan juga terhitung relatif singkat.

Job Title

Technopreneur (IT Solutions, Independent Software vendor); Software Engineer (Mobile developer, NET developer, JAVA developer, web developer, intelligent system developer, desktop developer); IT Architect (System Analyst); Database engineer (Database developer/designer, database administrator); System engineer (network engineer, security engineer) Lecture/Trainer.

 


Program Studi S-1 Sistem Informasi (S.Kom)

Hampir setiap pekerjaan di dunia bisnis saat ini menuntut pengetahuan teknologi. Apa pun bidangnya: akuntansi, marketing, keuangan maupun manajemen pasti membutuhkan pengetahuan yang berhubungan dengan komputer. Dengan semakin bergantungnya bisnis terhadap penggunaan teknologi, maka para ahli yang memiliki ilmu teknologi terapan di dunia bisnislah yang akan menjadi kunci di sebuah perusahaan.

Prodi S-1 Sistem Informasi UBD menekankan pada pemanfaatan teknologi dan informasi dalam menunjang kegiatan perusahaan. Dalam prodi Sistem Informasi, para mahasiswanya akan mempelajari bagaimana sistem akan berjalan dalam suatu perusahaan dengan mengkaji, menerapkan, dan mengembangkan ilmu yang dimilikinya untuk menciptakan rekaya sistem informasi dalam perusahaan.

Berbeda dengan program Teknik Informatika, Sistem Informasi merupakan program studi terapan yang mengintregasikan teknologi informasi untuk keperluan dunia bisnis. Untuk itulah, setiap lulusan dibekali oleh aspek fundamental dari kedua sisi baik teknologi maupun bisnis. Sistem Informasi adalah pilihan keahlian yang merupakan jembatan penghubung antara para ahli entepreneur bisnis.

 

Prospek Karir

Mahasiswa Prodi S-1 Sistem Informasi UBD tidak hanya dibekali oleh ilmu Teknologi, seperti Rekayasa Perangkat Lunak, Komputer Jaringan, dan Pemrograman, akan tetapi juga akan dibekali Ilmu Ekonomi bisnis, seperti Ilmu Manajemen Administrasi Bisnis, dan juga Ilmu Akuntansi (Sistem Informasi Akuntansi). Sehingga para lulusannya akan mampu dalam menguasai Sistem Informasi di dalam suatu perusahaan dan berpotensi menjadi tecnopreneurship yang handal.

 

Job Title

Developer E-Commerce System (Pengembang Sistem E-Commerce), Analis Sistem Bisnis, Administrator Basis Data, Bussiness Aplication Programmer, End-user Consultant, Web Developer, Pengembang Perangkat E-Learning, Graphic Designer, Special Effect Programmer, Computer Game Programmer.

 


Program Studi S-1 Software Engineering (S.Kom)

Prodi S-1 Software Engineering (Rekayasa Perangkat Lunak-RPL) merupakan bidang keahlian yang mempelajari perangkat lunak pada komputer; suatu disiplin ilmu yang terkait dengan semua aspek produksi perangkat lunak, mulai dari tahap awal yaitu analisa kebutuhan pengguna, menentukan spesifikasi dari kebutuhan pengguna, desain, pengkodean, pengujian sampai pemeliharaan sistem setelah digunakan. Dengan kemampuan rekayasa, seorang software engineering mampu mengembangkan, memelihara, dan membangun kembali perangkat lunak, sehingga dapat bekerja lebih efisien dan efektif untuk pengguna (user).

Selain dibekali dengan cara pembuatan program komputer, mahasiswa juga dipersiapkan untuk menguasai “semua aspek produksi”, mulai dari proses produksi seperti manajemen proyek, penentuan personil, anggaran biaya, metode, jadwal, kualitas sampai dengan pelatihan pengguna, mahasiswa juga diberikan kemampuan soft skills, serta pengetahuan ilmu manajemen (ruang lingkup standar mutu proyek), akuntansi/keuangan (anggaran), pemasaran, manajemen operasi, manajemen resiko, analisis kuantitatif, sumber daya manusia (tenaga kerja), kebijakan dan strategi bisnis) kewirausahaan dan ekonomi, sehingga lulusan memiliki bekal untuk menjadi seorang technopreneurship yang handal dalam bidangnya.

Kekhasan lulusan Prodi S-1 Software Engineering UBD mampu menghasilkan output yang berkinerja tinggi, biaya rendah dan waktu penyelesaian yang tepat. Kekhususan lulusan dengan keahlian Software Engineering ini memampukan para lulusan (1) memperoleh biaya produksi perangkat lunak yang rendah; (2) menghasilkan perangkat lunak yang berkinerja tinggi, andal dan tepat waktu; (3) menghasilkan perangkat lunak yang dapat bekerja pada berbagai jenis platform; dan (4) menghasilkan perangkat lunak dengan biaya perawatan yang rendah.

Berbekal pada penguasaan teknologi software engineering (Rekayasa Perangkat Lunak-RPL), mahasiswa UBD dipersiapkan untuk memasuki bidang profesi yang berhubungan dengan pengembangan perangkat lunak bidang industri IT dan Multimedia, Media, Pendidikan, Perbankan, Telekomunikasi, Bisnis, Hiburan, termasuk perangkat lunak untuk model dan simulasi.

Job Title

Game Developer; Software Tester; Computer Network / Data Communication Engineer; Web Engineer / Web Administrator; Software Engineer; Intelligent System Developer; System Programmer / Application Designer; Database Engineer / Administrator; Konsultan IT, Pengajar dan Peneliti

 


Program Studi D-4 Teknik Multimedia dan Jaringan (A.Md)

Fenomena Multimedia dan Jaringan mengarah ke fenomena konversi digital. Data multimedia seperti teks, suara, gambar, video, dan dokumen dapat berinteraksi, ditransmisikan, dimainkan, dipertukarkan, dan disebarluaskan. Sementara bidang jaringan berkembang untuk mendukung perubahan dari komputasi statis ke komputasi mobile, dari layanan pusat ke cloud computing, dan dari komputasi personal ke ubiquitous computing. Ini dibuktikan secara nyata saat ini dengan meningkatnya popularitas smartphone, tablet, smart TV, dan televisi digital. Program Studi D-4 Teknik Multimedia dan Jaringan (TMJ) UBD menyiapkan para ahli madya yang memiliki kompetensi dalam menyampaikan pesan yang digunakan melalui berbagai media yang ada, seperti media audio, video, teks, grafik dan animasi melalui media televisi, multimedia interaktif dan berbagai unsur kreatif yang digunakan dalam meyampaikan pesan agar lebih menarik. Lulusan TMJ UBD tidak hanya dibekali dengan hard skills (multimedia design, multimedia ubiquitous, embedded system, robotika, mobile programming, cloud computing, massively parallel programming (MPP), geometry computing, social network analysis, creative programming, software as a service, digital foresic, artifical intelligence, wireless sensor network, network security, dan intelligent vision) namun juga soft skills sehingga dapat siap terjun untuk memenuhi kebutuhan industri maupun menjadi entrepreneur yang tangguh.

Prospek Karir

Lulusan Prodi D-4 TMJ dipersiapkan untuk berkarir secara profesional di berbagai bidang dunia industri kreatif khususnya hiburan: TV maupun layar lebar, seperti pembuatan film TV, animasi maupun periklanan; industri web design dan web content, industri game (PC dan Online). Dengan kemahiran mulai dari analisa konsep pengembangan desain, desain multimedia, manajemen produksi multimedia, lulusan TMJ dapat bekerja sebagai animator, web designer, videographer, art director, photografer, storyboarder, dan digital illustrator.

Job Title

Multimedia Content Developer, Mobile Content Developer, Network Engineer, Network Designer, Project Manager, Game Developer, Software Engineer, Computer Systems Analyst, dan Web Developer; Instansi pemerintah dan Perusahaan Swasta, technopreneur software house (multimedia)

 


Program Studi S-1 Fisika Industri (S.Si)

Fisika tidak pernah terlepas dari kehidupan sehari-hari. Berbagai fenomena alam, mulai dari hembusan angin, perambatan cahaya, panas matahari, sampai aliran listrik dapat dijelaskan dengan ilmu fisika. Tidak hanya itu, dengan mempelajari fisika, kita dapat memanfaatkan fenomena alam tersebut menjadi berbagai aplikasi teknologi, mulai dari pemanfaatan sumber energi angin, sel surya, LED, LCD, sampai bermacam-macam aplikasi elektronik.

Program Studi Fisika Industri UBD membekali mahasiswa prinsip-prinsip dasar fisika dan penguasaan teknologi terkini melalui tiga pilihan: (1) Fisika Material; (2) Fisika Komputasi dan (3) Fisika Instrumentasi. Mahasiswa prodi Fisika dipersiapkan untuk mampu beradaptasi dengan berbagai kemajuan teknologi dan kemampuan berinovasi dalam pegembangan teknologi.

Tiga peminatan Program Studi Fisik Industri UBD:

  1. Teknologi Sel Surya (solar cell) dan Optik.
  2. Bioinformatika dan Nanomaterial.
  3. Desain Instrumentasi Industri.

Prospek Karir

Kompetensi lulusan Prodi Fisika Industri UBD dapat bekerja di lembaga-lembaga pemerintah ataupun swasta seperti peramal iklim dan bencana alam di BMKG; Instrument engineer, Physical Control; Quality Assurance; Radiologist; Peneliti; staf pengajar pada lembaga pemerintah (LIPI, BATAN, BPPT, LAPAN, dll); industri (bidang pertambangan dan energi, elektronika, telekomunikasi serta perangkat kesehatan), rumah sakit; laboratorium kesehatan serta perguruan tinggi.

Job Title

Technology Research and Development, Consultant/ Analyst (business, stock market, etc), Software developer, Hardware developer, Physical Control; Quality Assurance; Radiologist; Peneliti; staf pengajar pada lembaga pemerintah (LIPI, BATAN, BPPT, LAPAN, dll); industri (bidang pertambangan dan energi, elektronika, telekomunikasi serta perangkat kesehatan), rumah sakit; laboratorium kesehatan serta perguruan tinggi.

 


Program Studi D-3 Manajemen Informatika (A.Md)

Hampir setiap pekerjaan di dunia bisnis saat ini menuntut pengetahuan teknologi. Apa pun bidangnya: akuntansi, marketing, keuangan maupun manajemen pasti membutuhkan pengetahuan yang berhubungan dengan komputer. Dengan semakin bergantungnya bisnis terhadap penggunaan teknologi, maka para ahli yang memiliki ilmu teknologi terapan di dunia bisnislah yang akan menjadi kunci di sebuah perusahaan.

Program studi diploma (D-3) merupakan program vokasi yang bertujuan menyiapkan mahasiswa menjadi tenaga ahli madya profesional dalam menerapkan, mengembangkan dan menyebarluaskan teknologi serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat. Lulusan program ini akan diarahkan untuk menguasai kemampuan dalam bidang kerja tertentu sehingga dapat langsung diserap sebagai tenaga kerja di industri/swasta, lembaga pemerintahan, atau berwiraswasta secara mandiri. Oleh karena itu, pengajaran pada program ini lebih mengutamakan ketrampilan (praktik) dibandingkan dengan kuliah teori.

Job Title

Teknopreneur (Independent software vendor); Software Engineer (Mobile developer, Desktop developer, Software tester, Software quality insurance); IT Architect (System Analyst); Database Engineer (Database developer/designer); System Engineer (web administrator).

 


Program Studi S-1 Teknik Industri (S.T)

Berkembangnya teknologi dan persaingan bisnis global menuntut dunia industri untuk selalu siap menghadapi persaingan yang ada. Dunia bisnis dan industri selalu membutuhkan lulusan Teknik Industri untuk mencari kerja baru yang lebh efektif dalam menurunkan biaya dan meningkatkan produktivitas, sehingga dunia bisnis dan industri mampu menghadapi tantangan bisnis dan industri global.

Prodi S-1 Teknik Industri UBD membekali lulusannya untuk dapat mengatasi masalah organisasi dan manufaktur, dengan cara menjembatani tujuan manajemen dan performansi operasional perusahaan sehingga permasalahan organisasi dan manufaktur dapat diselesaikan dengan cara baru yang kreatif, efektif dan efisien.

Lulusan Prodi Teknik Industri memiliki fleksibilitas yang lebih; mereka dibekali dengan kemampuan untuk berpikir secara sistem yaitu mengintregrasikan manusia, material, peralatan, informasi, dan energi, sehingga mampu berkiprah dengan baik di bidang bisnis dan industri.

Secara umum, lulusan Prodi Teknik Industri memiliki kemampuan melakukan perancangan dan perbaikan sistem yang terdiri atas manusia, material, informasi, peralatan, dan energi secara kreatif dengan memanfaatkan keilmuan Teknik Indsutri yang didukung dengan teknologi terkini. Lulusan juga dibekali dengan soft skills yang memadai untuk berkarya dalam dunia kerja dan dunia usaha.

Prospek Karir

Kemampuan lulusan Prodi Teknik Industri UBD untuk berpikir secara sistem, menghasilkan fleksibilitas untuk berkarir di beberapa bidang bisnis dan industri. Karena kemampuannya yang fleksibel untuk digunakan dalam hampir seluruh organisasi, tingkat penerimaan lulusan dalam dunia bisnis dan industri sangat baik, bahkan banyak mahasiswa yang sudah direkrut untuk bekerja sebelum lulus kuliah. Hingga kini lulusan Prodi Teknik Industri telah banyak bekerja di perusahaan-perushaan berskala nasional, bahkan internasional, di antaranya adalah Chevron Company Indonesia, PT Voith Paper Rolls Indonesia, Kapal Api Group, PT Indofood Sukses Makmur Tbk, PT Yamaha Indonesia Motor, Mfg. PT Eigerindo Multiproduk Industri, PT Gistex Textile Division, dan masih banyak lagi yang lainnya. Walaupun sebagian lulusan memilih berkarir di industri manufaktur, namun cukup banyak juga yang berkarir sebagai konsultan dan berwirausaha. Maka, lulusan Prodi Teknik Industri terdistribusi dalam berbagai bidang industri: Supply Chain Control, Operation Analyst, Quality Assurance, Information System Specialist, Product Research & Development, Sales and Marketing.

Job Title

Chief Executive Officer, Director of Production, Director of Business Development, General Manager, Head of Project Manajement, Product Engineering Specialist, Supply Chain Management Specialist, Spesialis Pengendalian Produksi dan Penjaminan Mutu, Spesialis Perencanaan Industri & Perancangan Fasilitas, Spesialis Metode Teknik dan Ergonomi, Spesialis Perencanaan Logistik dan Material Handling, Spesialis Pengelolaan Inventori, Spesialis Pengingkatan  dan Pengukuran Kualitas, Konsultan, Dosen, Wirausaha dan sebagainya.

 


Program Studi S-1 Teknik Kendali dan Telekomunikasi (S.T)

Prodi S-1 Teknik Kendali dan Telekomunikasi (TKT) UBD merupakan ilmu Teknik Elektro yang mempelajari sistem elektromagnetika yang dapat menghasilkan dan mentransmisi serta mengukur sinyal listrik.

Prodi TKT ini menyiapkan lulusannya agar memiliki kompetensi dan keahlian dengan penggunaan konsep-konsep dasar yang kuat dalam teknologi elektro modern.

Para lulusan Prodi S-1 TKT UBD akan dibekali dengan dasar-dasar ilmu teknik elektro (komputer, kendali dan elektronika), sehingga mereka mampu melakukan analisa, merumuskan, dan mencari solusi persoalan-persoalan bidang elektronika, komputer, kontrol dan teknik komputer.

Selain mempersiapkan mahasiswa dengan pilihan bidang peminatan/kekhususan dan karir yang luas, seperti teknologi teknik elektronika, teknologi teknik kendali, dan teknologi teknik komputer, dan teknologi teknik telekomunikasi mahassiwa juga diberikan kemampuan soft skills, serta pengetahuan manajemen, kewirausahaan dan ekonomi, sehingga lulusan memiliki bekal untuk menjadi seorang technopreneurship yang handal dalam bidangnya.

Prospek Karir

Lulusan Prodi TKT UBD dipersiapkan untuk memiliki jenjang karir di bidang industri manufaktur, elektronika, telekomunikasi, minyak dan gas dan tenologi informasi.

Job Title

Control Engineer, Maintenance Engineer, Process Engineer, Designer, Electrical Engineer, Project Coordinator, Konsultan, Manajer, Peneliti, Akademisi, Wirausahawan [desain hardware dan software (Komputer, microcontroller), Database, Multimedia, Sistem Cerdas, Sistem Pakar, sistem video dan audio]