Greetings from Rector

300x300

Prof. Dr. KPH. H.E. Harimurti Kridalaksana

 

Universitas Buddhi Dharma yang memulai aktivitasnya sejak Januari 2015, yakni setelah dikeluarkannya Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 604/E/O/2014 adalah pengembangan dari STIE, STMIK, STBA dan ASMI Buddhi, Tangerang yang berdiri sejak 1993. Pada tahun akademik 2015-2016, Universitas Buddhi Dharma membuka 7 program studi baru, yaitu : Fisika Industri, Teknik Multimedia dan Jaringan, Rekayasa Perangkat Lunak, Teknik Elektro, Teknik Kendali dan Telekomunikasi, Ilmu Administrasi Bisnis, dan Ilmu Komunikasi melengkapi program studi yang telah ada, yakni Manajemen, Akuntansi, Teknik Informatika, Sistem Informasi, Sastra Inggris dan Manajemen Informatika.

Universitas Buddhi Dharma mengedepankan pengembangan manusia secara utuh dengan mengusahakan agar lulusannya menjadi sumber daya manusia yang matang kepribadiannya, kritis, kreatif, berjiwa sosial dan berperilaku etis, mandiri dan memiiki daya juang, bahkan sisi moral dan spiritualnya pun berkembang.

Sebagai wujud pelayanan di bidang pendidikan, Perkumpulan Keagamaan dan Sosial Boen Tek Bio, Tangerang yang merupakan badan penyelenggara sangat menyadari pentingnya pendidikan manusai seutuhnya. Walaupun Universitas Buddhi Dharma masih berusia sangat muda, Perkumpulan Keagamaan dan Sosial Boen Tek Bio, Tangerang sudah hadir di masyarakat selama 104 tahun dan menghidupi nilai-nilai Buddhisme universal.

Bagi para pendiri Perkumpulan Keagamaan dan Sosial Boen Tek Bio, manusia, khususnya di Tangerang, perlu dikembangkan dalam segala aspek kemanusiaannya, maka UBD didirikan dengan visi yang jelas yaitu: menjadi perguruan tinggi Buddhis terkemuka yang mengembangkan Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Humaniora dan menghasilkan lulusan dengan kompetensi tinggi dalam Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Humaniora tepat guna serta intelektual pelaku pemulian peradaban yang berkebajikan.

Demikian juga misi UBD mencerminkan secara jelas jiwa patriotisme khas Perkumpulan Sosial dan Keagamaan Boen Tek Bio, yaitu semangat membangun bangsa Indonesia lewat pendidikan, dengan pernyataan sesuai dengan pembukaan UUD 1945, “turut mencerdaskan kehidupan bangsa dan memajukan kesejahteraan umum” melalui upaya penyelenggaraan pendidikan tinggi dengan melaksanakan Tridarma (Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat) Pendidikan Tinggi yang berlandaskan nilai-nilai Buddhisme universal untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia.

Di UBD, pemikiran-pemikiran Barat yang memandang manusia secara utuh, dibandingkan dengan filosofi Timur, dalam konteks perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terkini. Hal tersebut dapat terlihat dari kekhasan struktur lembaga yang terdiri atas perpaduan Fakultas Sains & Teknologi, Fakultas Bisnis, dan Fakultas Sosial & Humaniora yang mengedepankan proses “pendidikan manusai seutuhnya” dan “civitas pembelajar seumur hidup” atau Life-Long Leaners.

Pengetahuan ilmiah secara umum, tentang sains, teknologi, bisnis, sosial dan humaniora, darimana konsep-konsep serta teorinya dikembangakan dari pemikiran Barat, terseleksi sesuai dengan visi misi UBD. Program Pendidikan Multidisiplin menjadi salah satu kebijakan khas UBD. Pendidikan umum merupakan penemuan tersebar manusia. Pendidikan dengan asas-asas, dan praktek yang tepat dan benarlah yang dapat menciptakan manusia-manusia yang dilengkapi tingkat kecerdasan tertentu dengan watak, karakter dan prinsip-prinsip nilai tertentu. Manusia yang dididik dengan karakter yang baik dapat membantu proses produksi dalam ekonomi dan memperkuat intergasi sosial dalam kelompoknya.

Penanda dialogis pemikiran Barat dan Timur terlihat dalam beberapa matakuliah yang dikelola oleh Program Pendidikan Multidisiplin yaitu Pancasila dan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Religiusitas, Etika (Bisnis, Komunikasi, Sians & Teknologi). Identitas Manusia, Filsafat Ilmu, Kepemimpinan kreatif dan inovatif, dan Pranata Tionghoa.

Jelas bagi UBD, tujuan pendidikan bukan sekedar mendapat gelar sarjana ‘siap kerja’, melainkan lebih dari itu. Pendidikan merupakan jembatan atau jalan untuk mempersiapkan masa depan Sumber Daya Manusia. UBD berkeyakinan teguh dengan makna pendidikan seperti diungkapkan Sukarno, “orang tidak dapat mengajar apa yang dia mau, orang tidak dapat mengajar apa yang dia tahu, orang hanya dapat mengajarkan apa yang ada dalam dirinya.” UBD berupaya mengembangkan daya-daya, potensi dan bakat-bakat manusia yang sadar akan identitasnya sebagai bagian diri bangsa Indonesia di tengah masyarakat dunia masa kini.

Selamat datang di Universitas Buddhi Dharma!

Tangerang, 17 Oktober 2015

Prof. Dr. Harimurti Kridalaksana

Rektor UBD